Siapa Teman Premori yang tahu tentang kain linen? Material yang beberapa tahun belakangan ini cukup populer di kalangan brand fashion dunia ini ternyata merupakan salah satu kain serat alami yang cukup kuat, lho. Di balik ketenarannya, ternyata kain linen memiliki beberapa fakta menarik. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini!

  1. Merupakan kain tertua di dunia

Menurut sejarah, kain linen merupakan salah satu kain pertama yang berhasil dibuat oleh manusia purbakala. Sehingga, material ini pula yang digunakan sebagai material pakaian manusia pada era tersebut. Atas dasar itulah, kain linen kemudian dinobatkan sebagai salah satu kain tertua di dunia.

2. Memiliki serat kain yang sangat kuat

Linen yang dikenal sebagai kain yang terbuat dari serat alami ternyata merupakan salah satu kain alami dengan serat terkuat di dunia. Hal ini dikarenakan serat kain linen yang sangat rapi, rapat, dan memiliki ketebalan serat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, kain linen sangat kuat menghadapi abrasi dan degradasi panas. Yang lebih mengejutkan, kekuatan serat kain linen ternyata 2-3x lebih kuat dari kekuatan serat kapas, lho! Kain linen memiliki total 216 benang lusi per cm, jauh dibandingan dengan kain tenun terbaik di Eropa yang ‘hanya’ terdiri dari 140 benang lusi per cm.

3. Terdiri dari serat dengan ukuran yang panjang

Jika dibandingkan dengan kain lainnya, linen memiliki serat yang cukup panjang yakni 25-150 cm dengan diameter 12-16 cm. Ruas-ruas sambungan dan guratan panjangan pun nampak pada seratnya. Hal ini mengakibatkan kain linen bertekstur dan memiliki sifat lentur.

4. Proses pengolahan yang cukup rumit

Linen yang berasal dari tanaman flax ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mencapai bentuk akhir kain. Hal ini dimulai dari waktu panen tanaman yang membutuhkan waktu 100 hari, proses pencabutan, pembusukan, pengeringan, pemisahan serat dengan cara dipukul sebanyak 2 kali, proses pemisahan serat, pemintalan benang, hingga akhirnya mencapai tahap pembuatan kain linen. Meskipun proses pengolahannya cukup rumit, namun ternyata proses pembuatannya hanya membutuhkan energi sebesar 5-20x lebih sedikit dari proses pembuatan kapas maupun kain sintetis lainnya.

5. Ada harga ada kualitas

Dengan proses pengolahan dan produksi yang cukup rumit dan panjang, maka wajar jika kain linen dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Namun, ada harga ada kualitas. Meskipun harganya mahal, tapi proses pengolahan yang rumit dan sangat teliti tersebut menjadikan kain linen sebagai salah satu kain dengan kualitas yang tinggi. Bahkan jika kain linen dirawat dengan cara yang tepat, kekuatan dan ketahanannya akan awet hingga bertahun-tahun.

6. Kain pembungkus mumi

Fakta terakhir dan yang paling mengejutkan adalah bahwa kain linen merupakan kain yang digunakan untuk membungkus mumi-mumi Firaun! Wah, kok bisa ya? Selain karena sejarah linen yang sudah ada dari zaman purbakala, ternyata kain linen mengandung mineral yang diyakini dapat membantu menghindari pembusukan dari mumi. Selain itu, kain linen dipercaya sebagai simbol cahaya dan kesucian sehingga harus disandingkan dengan para mumi Firaun.

Itulah 6 fakta menarik dari kain linen yang dapat teman Premori ketahui. Memasuki era modern seperti saat ini, kain linen masih menjadi salah satu primadona dalam daftar material  pakaian. Dengan teknologi yang canggih, kain linen yang semula sangat mahal dan hanya diperuntukkan untuk orang kaya, sekarang dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. 

Nah, jika teman Premori sedang mencari linen dengan kualitas terbaik, Premori menyediakan berbagai macam jenis kain linen dengan harga yang cukup bersaing. Hubungi kontak atau CS kami disini untuk mendapatkan info lebih lanjut. Teman Premori juga bisa klik disini untuk mencari tahu material lain yang tersedia di Premori. Selamat berbelanja!

Continue Reading

Anda ingin konsultasi tentang kain atau bisnis fashion ?

Silahkan WhatsApp (62) 811-333-222-960

WhatsApp Sekarang

Gratis